Tanggal Posting

March 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Aktifitas


132 hingga 656 Hijriyyah

Kekhalifahan Abbasiyah

*  524 tahun; mulai 750 sampai 1258 Masehi (132 sampai 656 Hijriyyah)  *

Setelah Dinasti/Kekhalifahan Umawiyah runtuh pada tahun 132 hijriyah, mulailah Abu Al-Abbas yang bergelar As-Saffah mendirikan negara  Islam di Khurasan yang merupakan batu pertama berdirinya Khilafah Islamiyah terbesar, yaitu Dinasti/Kekhalifahan Abbasiyah.  Karakteristik pemerintah yang diwarnai corak keislaman tersebut menorehkan prestasi luar biasa yang dicatat oleh tinta emas sepanjang sejarah manusia.

Buku ini mengupas tuntas Dinasti Abbasiyah mulai dari berdirinya di Khurasan, pemerintahan Bani Buwaih, berdirinya Daulah Hamdaniyah hingga runtuhnya Daulah Fathimiyah.  Kegemilangan periode pemerintahan Al-Mahdi, Harun Ar-Rasyid, dan Al-Makmun yang disertai dengan intrik-intrik politik untuk memperoleh kekuasaan, juga dituturkan secara runut.

Kemajuan peradaban Arab-Islam dalam bidang ilmu pengetahuan di bidang kedokteran, farmasi, astronomi, geografi, dan lain-lain juga akan Anda jumpai dalam periode Dinasti Abbasiyah ini.  Selamat menyelami sejarah kegemilangan Islam, semoga menjadi teladan bagi kita semua.

***

Abbasiyah-1Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga shalawat serta salam tetap tercurah kehadirat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yang telah menunjukkan umat dari kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

 

Sejarah merupakan sesuatu yang berharga, namun sering kali dilupakan oleh generasi penerus. Padahal, bangsa yang besar harus berkaca pada sejarah masa silam untuk menorehkan prestasi di masa yang akan datang. Oleh karenanya, sebagai seorang muslim, kita perlu mengetahui sejarah peradaban lslam di masa lampau sebagai bahan pelajaran untuk kemudian melangkah menuju peradaban yang lebih baik lagi.

 

Buku ini menceritakan peristiwa yang terjadi seputar berdirinya Dinasti Abbasiyah, yaitu pemerintahan lslam terbesar sepanjang sejarah, Dimulai dengan propaganda yang dilakukan oleh Abu Al-Abbas As-Saffah di Khurasan, sehingga akhirnya negara ini menjadi Daulah lslamiyah terbesar sepanjang sejarah.

 

Kisah-kisah seputar politik, sosial, dan keagamaan seputar Dinasti Abbasiyah dijelaskan secara gamblang dan runut. Rangkaian dinamika politik yang mewarnai perebutan kekuasaan, kudeta, maupun revolusi sosial dipaparkan secara panjang lebar.

 

Dikisahkan, Harun Ar-Rasyid, seorang khalifah Abbasiyyah yang popular sampai-sampai harus menuliskan perjanjian di atas Ka’bah guna mengantisipasi perang saudara untuk memperebutkan kekuasaan sepeninggalnya. Namun, sepeninggal Harun Ar-Rasyid perebutan kekuasaan antara Al-Amin dan Al-Makmun tidak bisa dielakkan dan berakhir dengan kemenangan Al-Makmun.

 

Selain itu, dipaparkan pula Al-Mu’tashim yang membangun Kota Samarra-letaknya sekitar seratus empat puluh kilometer dari Baghdad, ibu kota negara-sebagai perlindungan terhadap serangan musuh dan untuk “memanjakan” orang-orang yang dekat dengannya. Kota ini sampai sekarang menyisakan banyak bangunan bersejarah yang menunjukkan kemegahan Dinasti Abbasiyah.

 

Di penghujung buku ini Anda akan menemukan kemajuan peradaban lslam di masa Dinasti Abbasiyah yang merefleksikan masa keemasan lslam sepanjang sejarah manusia. Pada masa itu umat lslam meraih kejayaan di bidang kedokteran, farmasi, ilmu hitung, astromomi, geografi, dan ilmu pengetahuan lainnya.

 

Harapan kami, semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari sejarah perkembangan Daulah lslamiyah ini untuk kemudian kita songsong berdirinya Daulah lslamiyah di muka bumi ini.

 

 

Abbasiyah-2

 

 

dari wikipedia:  Kekhalifahan Abbasiyah

752 M – Berdirinya Kerajaan Bani Abbasiyyah.

755 M – Pemberontakan Abdullah bin Ali. Pembunuhan Abu Muslim.

756 M – Abd ar-Rahman I mendirikan Kerajaan Bani Ummaiyyah di Spanyol.

763 M – Pendirian kota Baghdad. Kekalahan tentara Abbasiyyah di Spanyol.

786 M – Harun ar-Rasyid menjadi Khalifah.

792 M – Penyerangan selatan Perancis.

800 M – Aljabar diciptakan oleh Al-Khawarizmi.

805 M – Perlawanan atas Byzantium. Penyerangan Pulau Rhodes dan Cyprus.

809 M – Kematian Harun ar-Rasyid. Al-Amin diangkat menjadi khalifah.

814 M – Perang saudara antara Al-Amin dan Al-Ma’mun. Al-Amin terbunuh dan Al-Ma’mun menjadi khalifah.

1000 M – Masjid Besar Cordoba siap dibangun.

1005 M – Multan dan Ghur ditaklukkan.

1055 M – Baghdad diserang oleh tentara Turki Seljuk. Pemerintahan Abbasiyyah-Seljuk dimulai, yang berdiri sampai tahun 1258 ketika tentara Mongol memusnahkan Baghdad.

1085 M – Tentara Kristen menyerang Toledo (di Spanyol).

1091 M – Bangsa Norman menyerang Sicilia, pemerintahan Islam di sana berakhir.

1095 M – Perang Salib pertama dimulai.

1099 M – Tentara Salib menaklukkan Baitul Maqdis. Mereka membunuh semua penduduknya.

1144 M – Nuruddin Zengi menaklukkan Edessa dari tentera Kristian. Perang Salib kedua berlaku.

1187 M – Salahuddin Al-Ayubbi menaklukkan Baitulmuqaddis dari tentera Salib. Perang Salib ketiga berlaku.

1194 M – Pasukan Muslim menaklukkan Delhi, India.

1236 M – Pasukan Kristen menaklukkan Cordoba (di Spanyol).

1258 M – Pasukan Mongol menyerang dan memusnahkan Baghdad. Ribuan penduduk terbunuh. Runtuhnya Baghdad. Tamatnya pemerintahan Kerajaan Bani Abbasiyyah-Seljuk.

1260 M – Kebangkitan Islam. Kerajaan Bani Mamluk di Mesir (merupakan pertahanan Islam yang ketiga terakhir setelah Makkah & Madinah) pimpinan Sultan Saifuddin Muzaffar Al-Qutuz mengalahkan pasukan Mongol di dalam pertempuran di Ain Jalut.

 


2 comments to 132 hingga 656 Hijriyyah

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>